UPT Pelabuhan Perikanan Pantai Pondokdadap Mendapatkan Penghargaan sebagai Kelas Pelabuhan Perikanan Pantai dengan Operasionalisasi Terbaik Tahun 2018

Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan Perikanan Pantai (UPT PPP) Pondokdadap menyabet penghargaan sebagai Pelabuhan Perikanan kelas Pelabuhan Perikanan Pantai dengan operasionalisasi terbaik di tahun 2018 pada acara Rapat Kerja Terpadu Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (Rakerdu DJPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan di Hotel Padjajaran Suites Resort & Convention Bogor, Jawa Barat. Acara ini berlangsung pada Senin-Jumat, 8-12 April 2019 dan dihadiri oleh seluruh UPT Pelabuhan Perikanan Pusat serta beberapa Dinas Kelautan dan Perikanan dan UPT Pelabuhan Perikanan Daerah di Indonesia.

Acara ini dibuka oleh Bapak M. Zulfikar Mochtar selaku Direktur Jenderal Perikanan Tangkap. Dalam sambutannya Bapak M. Zulfikar Mochtar menyampaikan bahwa berbekal evaluasi pada periode sebelumnya, serta dengan menganalisis  tantangan di depan, tugas pelabuhan perikanan selanjutnya adalah merumuskan visi, misi dan strategi pembangunan untuk tahun 2020-2025. Kemudian dalam acara Rapat Kerja Terpadu Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Bapak M. Zulfikar Mochtar memberikan penghargaan kepada UPT dan Dinas di seluruh Indonesia dengan 9 kategori, antara lain:

  1. Satker dengan Kinerja Anggaran Terbaik Tahun Anggaran 2018
  2. Kategori Pelabuhan Perikanan UPT Pusat dan Daerah yang Telah Melakukan Aktivasi e-loogbook Terbanyak,
  3. Koperasi Nelayan dengan Tingkat Operasionalisasi Bantuan Sarana Penangkapan Ikan (BPSI) terbaik,
  4. Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi dengan Jumlah Pendaftaran Kapal Terbanyak,
  5. Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi dengan Realisasi SEHAT Nelayan Terbaik,
  6. Pelabuhan Perikanan Pengelola TPI Higienis Terbaik,
  7. Pelabuhan Perikanan dengan Operasional Terbaik,
  8. Pelabuhan Perikanan Pantai dengan Operasionalisasi Terbaik, dan
  9. Operasionalisasi Sekretariat Regional Lembaga Pengelola Perikanan di WPPNRI Teraktif,

Penghargaan ini diberikan karena UPT PPP Pondokdadap, selain mampu menjalankan fungsi utamanya sebagai pelabuhan perikanan, seperti menyediakan pelayanan tambat labuh, bongkar muat, perbaikan, dan perbekalan kapal perikanan; pelayanan pengolahan, pemasaran, dan distribusi ikan, serta pelayanan pemanfaataan fasilitas dan lahan, UPT PPP Pondokdadap juga berinovasi untuk mengembangkan potensi di kawasannya dengan konsep ecofishingport, yakni konsep pengembangan pelabuhan perikanan yang berwawasan lingkungan.

Selain itu, UPT PPP Pondokdadap juga aktif menjalin relasi dengan pihak akademisi, untuk mengadakan penelitian, kajian, dan praktek kerja di kawasan UPT PPP Pondokdadap sehingga dengan adanya arus akademisi yang berkegiatan di Pelabuhan Perikanan Pondokdadap, tak jarang UPT PPP Pondokdadap juga menarik minat tamu peneliti dari luar negeri seperti Jerman, Taiwan, dan Jepang. Kegiatan – kegiatan operasional pelabuhan dan pola pembangunan ecofishingport PPP Pondokdadap juga banyak menarik minat instansi dari daerah lain di Indonesia untuk mengadakan studi banding. Kegiatan – kegiatan tersebut menjadi poin penilaian tersendiri bagi UPT PPP Pondokdadap sehingga mampu membawa pulang penghargaan Pelabuhan Perikanan kelas Pelabuhan Perikanan Pantai dengan operasionalisasi terbaik di tahun 2018.

Respond For " UPT Pelabuhan Perikanan Pantai Pondokdadap Mendapatkan Penghargaan sebagai Kelas Pelabuhan Perikanan Pantai dengan Operasionalisasi Terbaik Tahun 2018 "