Sepuluh Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Pasuruan Melaksanakan Kegiatan Studi Tiru di UPT PPP Pondokdadap

Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan Perikanan Pantai (UPT PPP) Pondokdadap menerima kunjungan dari sebanyak sepuluh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan  pada Hari Sabtu (14/12). Dalam kunjungan ini, tim Pemkab Pasuruan membawa serta perwakilan dari  Dinas Perikanan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas Kesehatan, Dinas Pemuda dan Olahraga, Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Bagian Umum, Kecamatan Lekok, Kecamatan Nguling, Kecamatan Bangil, dan Kecamatan Rejoso. Kunjungan ini dimaksudkan untuk  melaksanakan studi tiru terkait beberapa hal, diantaranya adalah pengembangan dan pengelolaan Kios Ikan Nelayan, Integrated Cold Storage, serta menggali informasi mengenai konsep pemanfaatan Keramba Jaring Apung Ocean Farm ITS kedepannya..

Kunjungan ini diawali dengan diskusi yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan Nelayan (Aula) UPT PPP Pondokdadap. Dalam diskusi ini, tim Pemkab Pasuruan diberi penjelasan dan arahan oleh Bapak Muh. Ichsan Budianto, S.Pi., MT. Selaku Kepala UPT PPP Pondokdadap mengenai sekilas profil UPT PPP Pondokdadap dan juga profil dan kegiatan yang dilaksanakan di Kios Ikan Nelayan, profil Integrated Cold Storage, serta gambaran mengenai KJA Ocean Farm ITS yang hingga saat ini sedang berada pada tahap assembling di kawasan dermaga UPT PPP Pondokdadap.

Kegiatan dilanjutkan dengan studi lapang dimana tim Pemkab Pasuruan diajak untuk berkeliling dengan pendampingan dari Kepala Seksi Pelayanan Tekns Pelabuhan, Bapak Sugeng Suprianto, S.Pi. serta petugas UPT PPP Pondokdadap. Di dalam kegiatan studi lapang ini, tim Pemkab Pasuruan melihat kondisi Kios Ikan Nelayan, dimana tim Pemkab Pasuruan melihat secara langsung proses jual beli ikan pada lapak pedagang yang cukup luas, bersih, dan higienis, serta memiliki mutu kesegaran produk yang tetap terjaga. Kemudian tim Pemkab Pasuruan kembali diajak untuk berkeliling dengan melihat kawasan dermaga dan Tempat Pemasaran Ikan (TPI), namun pada saat kunjungan, kawasan tersebut dalam keadaan sepi karena tidak ada kegiatan pendaratan ikan. Tim kemudian melanjutkan kunjungan untuk melihat KJA Ocean Farm ITS, dimana tim Pemkab Pasuruan diberi penjelasan mengenai asal mula dan tujuan pengerjaan, proses kerjasama, hingga rencana pengelolaan KJA ini kedepannya.