Pemeriksaan Dokumen Kapal Pesiar yang Berteduh di Selat Sempu oleh POSKAMLADU Sendang Biru

Kamis (15/08) lalu, di sisi timur Selat Sempu nampak adanya suatu hal yang tidak setiap hari dapat dijumpai di kawasan tersebut. Dari arah matahari tersebut terlihat sebuah kapal pesiar yang sedang terlihat melabuhkan jangkar. Tim Pos Keamanan dan Laut Terpadu (POSKAMLADU) Sendang Biru yang terdiri dari UPT PPP Pondokdadap, Pos TNI AL Sendang Biru, dan Satpolair Sendang Biru beserta Syahbandar PPP Pondokdadap pun segera melakukan tindakan untuk memeriksa kapal tersebut, karena hingga pukul 9:30 waktu setempat, kapal pesiar tersebut belum melaporkan tujuan kedatangannya kepada petugas.

Segera setelah petugas POSKAMLADU bergegas untuk memeriksa kapal tersebut, diketaui bahwa kapal tersebut bernama SY. Aldebaran Bay yang dinakhodai oleh warga negawa asing berkebangsaan Australia. Tujuan kapal ini berlabuh di Selat Sempu adalah untuk menghindari cuaca buruk berupa angin kencang dan gelombang besar yang belakangan sedang melanda Pantai Selatan Jawa. Kapal ini merupakan kapal dengan penggerak layar, sehingga keadaan cuaca sangat berpengaruh terhadap keselamatan berlayar kapal ini. Awalnya, kapal ini bertolak dari Sabang dengan tujuan akhir Kupang. Hasil pemeriksaan menyatakan bahwa kapal ini berdokumen lengkap dan memiliki ijin berlayar yang sah, sehingga tidak ada tindakan lebih lanjut di dalam pemeriksaan kapal ini.

UPT PPP Pondokdadap bekerjasama dengan POSKAMLADU menjalankan tugas dan fungsinya untuk mengetahui segala kapal yang melakukan kegiatan tambat labuh di kawasan Wilayah Kerja Operasional Pelabuhan Perikanan (WKOPP) PPP Pondokdadap. Sehingga, UPT PPP Pondokdadapp beserta POSKAMLADU Sendang Biru senantiasa melakukan pemeriksaan terhadap kapal – kapal non-perikanan yang terlihat bersandar di kawasan Selat Sempu.

Respond For " Pemeriksaan Dokumen Kapal Pesiar yang Berteduh di Selat Sempu oleh POSKAMLADU Sendang Biru "