Menilik Operasional Pelabuhan Perikanan Pantai Pondokdadap, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Manggarai Barat Lakukan Kunjungan Kerja

Perwakilan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur berkesempatan untuk melaksanakan kunjungan kerja menuju Pelabuhan Perikanan Pantai Pondokdadap beberapa waktu lalu. Kunjungan yang dilakukan selama dua hari, tepatnya pada tanggal 11 hingga 12 Juli 2019 ini dilaksanakan pihak Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Manggarai untuk melihat operasionalisasi harian di Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan Perikanan Pantai (UPT PPP) Pondokdadap. Selain itu, kunjungan ini juga dilakukan untuk mendiskusikan permasalahan yang dihadapi oleh dinas tersebut seputar kegiatan perikanan tangkap, mengingat komoditas perikanan di Kabupaten Manggarai Barat, terutama Labuan Bajo, mirip dengan komoditas perikanan di Pelabuhan Perikanan Pondokdadap, yakni ikan tuna, tongkol, dan cakalang.

Pada hari pertama (11/07) perwakilan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Manggarai Barat dipandu untuk berkeliling kawasan Pelabuhan Perikanan Pondokdadap didampingi oleh Bapak Sugeng Suprianto, S.Pi selaku Kepala Seksi Pelayanan Teknis Pelabuhan UPT PPP Pondokdadap dan tim Pos Keamanan dan Laut Terpadu (POSKAMLADU) untuk melihat kegiatan operasional harian di Pelabuhan Perikanan Pondokdadap. Kegiatan yang ditinjau antara lain adalah proses pelayanan bongkar muat dan kegiatan pelelangan di Tempat Pemasaran Ikan UPT PPP Pondokdadap. Selain itu, perwakilan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Manggarai Barat juga dipandu untuk melihat – lihat kondisi operasional, serta mengenalkan fungsi sarana dan prasarana di lingkungan UPT PPP Pondokdadap.

Pada hari kedua (12/07) perwakilan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Manggarai Barat melakukan diskusi ruangan bersama dengan Bapak Muh. Ichsan Budianto, S.Pi., MT. selaku Kepala UPT PPP Pondokdadap. Pada sesi diskusi ini, pihak UPT PPP Pondokdadap memaparkan profil UPT yanag berisi mengenai sejarah pendirian hingga pemaparan data terkini dan rencana perkembangan kedepan. Selain itu, sesi diskusi ini juga membahas tentang permasalahan yang dialami oleh pelabuhan perikanan di Kabupaten Manggarai Barat, seperti penanganan bycatch, terutama spesies langka dan dilindungi, seperti ikan hiu dan sejenisnya. Selain itu, didalam diskusi juga dibahas aspek – aspek operasional yang membuat Pelabuhan Perikanan Pondokdadap mendapatkan anugerah sebagai Pelabuhan Perikanan Pantai dengan operasionalisasi terbaik di Tahun 2018, seperti pengembangan jenis kegiatan, keaktifan dalam melaporkan data, dan pelibatan masyarakat (baik pengguna jasa, akademisi, dan sebagainya) dalam kegiatan operasional UPT PPP Pondokdadap. Kunjungan kemudian ditutup dengan sesi bersama di tempat diskusi, yakni Ruang Pertemuan Lantai 2 Gedung Pelayanan UPT PPP Pondokdadap.

Respond For " Menilik Operasional Pelabuhan Perikanan Pantai Pondokdadap, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Manggarai Barat Lakukan Kunjungan Kerja "