Mengusung Kios Ikan Nelayan Online, UPT PPP Pondokdadap Meraih Juara Harapan I pada Lomba Kompetisi Budaya Kerja 2020

Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan Perikanan Pantai (UPT PPP) Pondokdadap kembali meraih penghargaan bergengsi setelah berhasil menjadi juara harapan 1 dalam Lomba Kompetisi  Budaya Kerja (KBK) Provinsi Jawa Timur di tahun 2020. Penghargaan ini diraih atas capaian UPT PPP Pondokdadap dalam menginisiasi sistem informasi Kios Ikan Nelayan Online (KIKANO). KIKANO merupakan sistem informasi daring yang memberikan informasi mengenai ketersediaan produk perikanan yang dijual di Kios Ikan Nelayan UPT PPP Pondokdadap. Adanya sistem informasi ini memicu para pedagang untuk memasarkan produknya secara online, yang sangat berguna terutama di dalam menghadapi masa pendemi dimana tingkat kunjungan ke dalam kawasan PPP Pondokdadap sangat jauh menurun dibandingkan dengan hari – hari normal.

Penurunan tingkat penjualan melatarbelakangi UPT PPP Pondokdadap untuk menginisiasi pembuatan sistem informasi ini. Dengan adanya sistem informasi ini, diharapkan penjual ikan di Kios Ikan Nelayan terhubung dengan pasar yang lebih luas dengan sistem pembelian yang lebih mudah. Selain itu, limpahan dampak dari adanya metode pembelian dan penjualan produk perikanan secara online ini juga menguntungkan pengusaha transportasi di kawasan Dusun Sendang Biru untuk mengantarkan produk perikanan kepada para pembeli yang berada di luar daerah Sendang Biru. Tindak lanjut kedepan dari program yang dilaksanakan ini nantinya adalah untuk memicu usaha pengolahan ikan di kawasan UPT PPP Pondokdadap, sehingga kedepannya ikan yang dipasarkan tidak hanya terbatas pada ikan segar utuh, namun juga produk setengah jadi seperti fillet, steak, dan sebagainya.

Penghargaan ini diserahkan pada acara Penyerahan dan Penganugerahan Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Penghargaan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KOVABLIK), dan Kompetisi Budaya Kerja (KBK) Provinsi Jawa Timur Tahun 2020 pada Hari Jumat, 13 November 2020 bertempat di The Sighasari Resort, Kota Batu. Lomba KBK ini diikuti oleh 33 peserta dari instansi daerah di lingkup Pemerintah Provinsi Jawa Timur maupun Pemerintah Kabupaten/Kota di seluruh Jawa Timur.