Melihat Konsep Pengelolaan Pasar Ikan Modern, UPT PPP Pondokdadap Melakukan Kunjungan Menuju Muara Baru, Jakarta

Sejumlah tujuh orang petugas Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan Perikanan Pantai (UPT PPP) Pondokdadap melaksanakan kunjungan menuju kawasan Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Jakarta. Kunjungan ini ditujukan untuk mengetahui konsep pengelolaan Pasar Ikan Modern, sebagai rujukan UPT PPP Pondokdadap untuk mengembangkan pengelolaan Kios Ikan Nelayan (KIN) yang ada di Pelabuhan Perikanan Pondokdadap. Kios Ikan Nelayan sendiri merupakan gedung yang dibangun oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Direktorat Jendral Perikanan Tangkap (DJPT) di tahun 2017 untuk mengakomodasi kegiatan penjualan dan distribusi ikan oleh nelayan di lingkungan UPT PPP Pondokdadap.

Kunjungan ini dimulai pada petang hari pada hari Rabu (17/07), dimana aktivitas pada kawasan PIM mulai ramai. Namun sebelum terjun langsung menuju lapang, tim UPT PPP Pondokdadap disambut oleh Tim Direktorat Jendral Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (Ditjen PDSPKP) yang memberikan pemaparan kepada tim UPT PPP Pondokdadap tentang sejarah, konsep dan arah pengembangan Pasar Ikan Modern Muara Baru. Dalam pemaparan ini DItjen PDSPKP juga menjelaskan beberapa kendala yang dihadapi dalam pengelolaan PIM, dan kemudian membuka sesi diskusi untuk mengetahui tanggapan dari tim UPT PPP Pondokdadap. Sesi diskusi kemudian ditutup dengan penyerahan kenang – kenangan dan foto bersama.

Setelah sesi pemaparan dan diskusi selesai dilaksanakan, rombongan diajak untuk melihat – lihat suasan PIM di kala para pedagang sedang beraktivitas. Kunjungan ini dimulai di kawasan lantai 1 gedung PIM yang merupakan kawasan pasar ikan. Suasana di kawasan PIM cenderung ramai di malam hari, dimana para pedagang menjajakan berbagai macam jenis ikan mulai dari ikan air laut hingga ikan air tawar dan mulai dari ikan bersirip hingga bercangkang. Pasar Ikan ini umumnya mulai beroperasi pada petang hari hingga tengah malam, dan justru tidak beroperasi ketika siang hari. Kunjungan kemudian dilanjutkan untuk melihat – lihat lantai dua gedung PIM, dimana pada kawasan tersebut terdapat pertokoan dan food court, dimana tersedia kios – kios pengolah ikan segar yang membuat pengunjung dapat langsung menyantap hidangan dari ikan yang sudah di beli di lantai bawah.

Konsep pengelolaan Pasar Ikan Modern Muara Baru merupakan kawasan integrasi yang menggabungkan antara pasar ikan yang tertata rapih dan bersih, sehingga mengesampingkan persepsi orang awam mengenai kawasan pasar yang kumuh dan tidak tertata, serta kawasan pertokoan dan food court, yang menjadikan kawasan ini selain tempat untuk melaksanakan kegiatan jual beli ikan, juga dapat menjadi kawasan untuk bersantai dan menyantap hidangan laut yang segar. Dari hasil kunjungan ini, UPT PPP Pondokdadap mencoba mengadaptasi system dan konsep pengelolaan yang ada di Pasar Ikan Modern Muara Baru dan merencanakan untuk mengadaptasinya di lingkungan UPT PPP Pondokdadap kedepannya secara bertahap.

Respond For " Melihat Konsep Pengelolaan Pasar Ikan Modern, UPT PPP Pondokdadap Melakukan Kunjungan Menuju Muara Baru, Jakarta "