Kunjungan UPT PPP Muncar menuju UPT PPP Pondokdadap

Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan Perikanan Pantai (UPT PPP) Pondokdadap menerima kunjungan dari UPT PPP Muncar Banyuwangi pada Hari Kamis (11/12). Dalam kunjungan ini, tim petugas dari UPT PPP Muncar datang dengan disertai petugas dari Instalasi Pelabuhan Perikanan Pantai (IPPP) Pancer dan IPPP Grajagan, dimana keduanya merupakan instalasi pelabuhan perikanan pantai dibawah UPT PPP Muncar yang beroperasi di wilayah selatan Kabupaten Banyuwangi. Kunjungan ini dimaksudkan untuk  melaksanakan studi tiru terkait beberapa hal, diantaranya adalah pengembangan usaha kepelabuhanan,  mekanisme penerbitan Sertifikat Cara Penanganan Ikan yang Baik (S-CPIB) dan tata kelola UPT Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Kunjungan ini diawali dengan diskusi yang dilaksanakan di ruang rapat Gedung Utama UPT PPP Pondokdadap. Dalam diskusi ini, petugas dari UPT PPP Muncar diberi penjelasan dan arahan oleh Bapak Muh. Ichsan Budianto, S.Pi., MT. Selaku Kepala UPT PPP Pondokdadap mengenai gambaran tata kelola dan pelayanan di UPT PPP Pondokdadap yang telah dijalankan selama ini. Selain itu, di dalam penjelasannya, beliau juga menerangkan mengenai upaya – upaya UPT PPP Pondokdadap di dalam melaksanakan pelayanan yang sesuai dengan tugas dan fungsinya, dan juga pelayanan yang menjadi kebutuhan masyarakat untuk mendukung terlaksanakannya pelayanan yang prima dan mampu beradaptasi dengan kebutuhan masyarakat.

Kegiatan dilanjutkan dengan studi lapang dimana tim UPT PPP Muncar diajak untuk berkeliling dengan pendampingan dari petugas UPT PPP Pondokdadap. Di dalam kegiatan studi lapang ini, tim UPT PPP Muncar diajak untuk melihat secara langsung pengelolaan gedung yang ada di wilayah UPT PPP Pondokdadap di dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Beberapa gedung yang didatangi diantaranya adalah Kios Ikan Nelayan, dimana petugas dari UPT PPP Muncar diajak untuk melihat pengelolaan dan penataan Kios Ikan Nelayan agar menjadi kawasan pasar yang bersih, higienis, dan aman. Selain itu, tim UPT PPP Muncar juga diajak untuk melihat kawasan dermaga dan juga melihat Karamba Jaring Apung (KJA) Ocean Farm ITS yang sedang dalam proses perakitan di wilayah dermaga UPT PPP Pondokdadap. Selain itu, sebagian dari tim UPT PPP Muncar juga melaksanakan diskusi dengan petugas S-CPIB mengenai tata cara penerbitan Sertifikat Keterampilan Penangkapan Ikan (SKPI) dan S-CPIB itu sendiri di dalam mendukung usaha peningkatan keterjaminan utu dari produk perikanan yang didaratkan di wilayah pengelolaan pelabuhan perikanan.