Karakteristik perikanan lemadang (Coryphaena hippurus Linnaeus, 1758) sebagai hasil tangkapan sampingan perikanan tuna di Sendang Biru

Karakteristik perikanan lemadang (Coryphaena hippurus Linnaeus, 1758) sebagai hasil tangkapan sampingan perikanan tuna di Sendang Biru
Hety Hartaty, Aini Chairunnisa Amalia
Loka Penelitian Perikanan Tuna Benoa Jl. Mertasari No.140, Br. Suwung Kangin, Sidakarya, Denpasar Selatan, Bali – 80223.
Surel: lppt.benoa@gmail.com

Abstrak
Seiring dengan penurunan hasil tangkapan tuna di Samudera Hindia sejak tahun 2007 maka dirasa perlu untuk mencari tangkapan alternatif lainnya. Lemadang (Coryphaena hippurus Linnaeus, 1758) merupakan salah satu hasil tangkapan sampingan yang memiliki potensi namun masih bernilai ekonomis rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik perikanan lemadang di Sendang Biru. Metode yang digunakan adalah dengan pengamatan langsung dan wawancara di sentra pendaratan ikan PPP Pondokdadap, Sendang Biru, meliputi data produksi dari tahun 2007-2013, musim penangkapan dan ukuran panjang ikan dan dianalisis secara deskriptif dan grafikal. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa total produksi lemadang dari tahun 2007-2013 di Sendang Biru, sebesar 351.006 kg atau 1,12% dari total produksi ikan. Puncak musim penangkapan lemadang di Sendang Biru pada bulan Pebruari. Perikanan lemadang di Sendang Biru menggunakan armada pancing ulur dan tonda dengan menggunakan alat bantu rumpon. Daerah penangkapan di Samudera Hindia Selatan Jawa antara posisi 8o – 12o LS dan 110o – 113o BT. Lemadang yang tertangkap berkisar antara 25-153 cmFL dan 95% hasil tangkapan lemadang diduga sudah pernah memijah.

Kata kunci: perikanan lemadang, sebaran panjang, Sendang Biru

Jurnal Ilmiah Selengkapnya dapat diakses pada tautan di bawah ini

Respond For " Karakteristik perikanan lemadang (Coryphaena hippurus Linnaeus, 1758) sebagai hasil tangkapan sampingan perikanan tuna di Sendang Biru "