Jalankan Himbauan Menteri Kelautan dan Perikanan, Universitas Brawijaya dan UPT P2SKP Pondokdadap Berhasil Membersihkan 5 ton Sampah

Sebagai upaya untuk menjaga dan melestarikan kawasan pesisir dan laut di Indonesia, Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Susi Pudjiastuti kembali membuat langkah nyata dengan menghimbau masyarakat untuk melakukan aksi bersih – bersih pantai serentak di 73 titik pantai di Indonesia pada hari Minggu (19/08) melalui pesan videonya. Hal ini juga bertepatan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 yang jatuh dua hari sebelumnya (17/08).

Menindaklanjuti himbauan ini, Tim Universitas Brawijaya beserta UPT Pelabuhan dan Pengelolaan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (P2SKP) Pondokdadap melakukan kegiatan “Menghadap Laut” yang dilaksanakan pada hari Minggu (19/08) di kawasan Pantai Sendang Biru dan Pelabuhan Perikanan Pondokdadap, Dusun Sendang Biru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pantai Sendang Biru menjadi salah satu dari enam pantai di Jawa Timur yang ditunjuk untuk menjalankan kegiatan tersebut.
Acara yang diikuti oleh 273 peserta yang terdiri dari 167 orang mahasiswa, 50 orang tenaga dosen dan pendidik, dan 56 orang panitia ini dimulai dengan kegiatan upacara menghadap ke laut yang dipimpin oleh Rektor Universitas Brawijaya, dan kemudian dilanjutkan dengan acara bersih pantai dan penimbangan sampah untuk diketahui banyaknya. Hasilnya, dari sekitar 6,2 Ha lahan yang dibersihkan, peserta berhasil membersihkan 514,03 Kg yang terdiri dari 108,74 Kg sampah sedotan, 107,62 Kg sampah plastik, 55,35 Kg sampah jaring, 49,24 Kg sampah pecahan kaca, dan 193,08 Kg sampah lain – lain. Sampah yang berhasil dikumpulkan kemudian diangkut menggunakan mobil bak terbuka menuju luar kawasan untuk dikelola terlebih lanjut.

Respond For " Jalankan Himbauan Menteri Kelautan dan Perikanan, Universitas Brawijaya dan UPT P2SKP Pondokdadap Berhasil Membersihkan 5 ton Sampah "