Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenko Marves Tinjau Pengelolaan Pelabuhan Perikanan Pantai Pondokdadap

Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Basilio Dias Araujo melaksanakan tinjauan lapang terkait pengelolaan pelabuhan perikanan di UPT PPP Pondokdadap. Dalam kunjungan ini, hadir pula Bapak DR. Ir. Sugeng Santoso, M.T selaku Staf Ahli Bidang Ekonomi Maritim, Bapak Dr. Ir. Wahyu Hidayat, M.M selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Bapak Victor Sembiring, S.Pt., ME. Selaku Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang, serta jajaran Pemerintah Kecamatan Sumbermanjing Wetan dan Desa Tambakrejo. Kunjungan ini dimulai dengan sesi pemaparan yang bertempat di Aula UPT PPP Pondokdadap, dimana Bapak Muh. Ichsan Budianto, S.Pi., MT. selaku Kepala UPT PPP Pondokdadap memberikan pemaparan singkat mengenai potensi dan profil kegiatan perikanan tuna di UPT PPP Pondokdadap. Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan mengenai peran UPT PPP Pondokdadap sebagai salah satu basis perikanan tuna yang penting di Pantai Selatan Jawa, ditinjau dari segi volume maupun nilai produksinya. Namun, di dalam pengelolaannya, UPT PPP Pondokdadap masih memiliki hambatan dari segi pengelolaan sarana dan prasarana, terutama menyangkut Tempat Pemasaran Ikan (TPI) dan Integrated Cold Storage (ICS). Menanggapi hal tersebut, Bapak Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi memberikan solusi agar pengelolaan TPI dikerjasamakan antara Dinas Procinsi dengan Dinas Kabupaten agar dapat terjadi sinergi yang dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Selain itu, beliau mendukung pengelolaan ICS agar segera dilaksanakan, agar dapat meningkatkan nilai ekonomi maskayarat lokal, terutama dengan memacu kegiatan lelang bebas agar harga ikan dapat lebih bersaing.

Setelah melaksanakan sesi pemaparan, rombongan Kemenko Marves diajak untuk berkeliling dan meninjau kondisi lapang UPT PPP Pondokdadap. Kepala UPT PPP Pondokdadap turut serta di dalam kegiatan tinjauan lapang ini sembari memberikan penjelasan terkait seluruh aspek yang dijalankan disekitar bangunan – bangunan yang dikunjungi. Dalam tinjauan lapang ini, rombongan mengunjungi Kios Ikan Nelayan untuk melihat ikan – ikan yang dipasarkan di PPP Pondokdadap, selain itu, rombongan juga mengunjungi kawasan gudang untuk melihat ikan tuna berukuran besar yang masih akan menuju proses pengiriman. Di kawasan ini, Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi melakukan dialog dengan nelayan dan pengusaha perikanan terkait usaha dan kendala di dalam melakukan kegiatan penangkapan ikan serta pendistribusian hasil tangkapan. Rombongan kemudian melanjutkan kunjungan menuju kawasan Integrated Cold Storage (ICS), dimana rombongan ditunjukkan kondisi ICS yang memiliki perlengkapan yang modern dan siap untuk dikelola, namun masih menghadapi kendala di dalam pemanfaatan pengelolaannya. Dalam kunjungan ini, Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi mengapresiasi kinerja UPT PPP Pondokdadap dalam mengelola kawasannya untuk meningkatkan perekonomian daerah melalui industri perikanan tangkap. Namun, beliau menghimbau agar PPP Pondokadap tetap berupaya di dalam memajukan potensi daerah, terutama yang mmapu menarik investasi untuk semakin meningkatkan geliat perekonomian daerah, serta mampu meningkatkan daya saing produk perikanan yang dihasilkan agar mampu meraih wangsa pasar yang lebih luas.