Taman Laut, Salah Satu Upaya UPT PPP Pondokdadap untuk Memulihkan Sumberdaya Ikan di Selat Sempu

Pondokdadap (22/05) Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan Perikanan Pantai (UPT PPP) Pondokdadap melakukan usaha pemulihan sumberdaya ikan melalui kegiatan penanaman terumbu karang di sekitar dermaga pelabuhan perikanan. Sebelumnya, UPT PPP Pondokdadap memang telah menjadikan kawasan dermaga sebagai kawasan “taman laut”. Adanya taman laut ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas lingkungan di sekitar pelabuhan perikanan, serta dapat membuka potensi diversifikasi ekonomi dan pemberdayaan masyarakat di kawasan pelabuhan perikanan melalui kegiatan wisata underwater dan wisata pemancingan.

                Usaha pembuatan taman laut ini dimulai di tahun 2018 dengan uji coba penanaman terumbu karang dengan media tali di sekitar kolam dermaga. Usaha ini kemudian dilanjutkan di tahun 2019 dengan penenggelaman fish dome sebagai penarik ikan agar dapat berlindung disekitar kolam dermaga. Tidak hanya ditenggelamkan, fish dome ini juga mulai ditanami dengan karang lunak (soft coral) oleh petugas UPT PPP Pondokdadap dengan bantuan Kelompok Masyarakat Pengawas (POKMASWAS) Gatra Olah Alam Lestari (GOAL) pada rabu (24/5) silam.

Penanaman karang lunak ini ditujukan untuk menyediakan tempat yang lebih nyaman bagi ikan – ikan untuk berlindung dan mencari makan. Karang yang digunakan di dalam kegiatan ini berasal dari sisa – sisa karang yang menempel pada jaring Rumah Apung POKMASWAS GOAL. Karena, karang yang tumbuh liar di jaring tersebut dapat menambah beban Rumah Apung dan harus dipindahkan. Terdapat total sekitar 300 bibit karang yang dipindahkan dari jarring rumah apung menuju kawasan kolam dermaga pelabuhan UPT PPP Pondokdadap. Karang – karang yang dipindahkan ini ditanam pada media fish dome yang berbentuk kubah dengan lubang – lubang kecil yang dapat menjadi tempat ikan untuk berlindung. Dengan adanya penanaman karang ini, diharapkan ikan semakin tertarik untuk dating dan mampu memperkaya jumlah dan jenis ikan yang ada di kawasan pelabuhan perikanan.

Kedepannya, dengan adanya usaha pemulihan sumberdaya ikan ini, diharapkan mampu meningkatkan diversifikasi usaha di UPT PPP Pondokdadap, dimana keberadaan ikan tersebut mampu menarik pengunjung ketika pelabuhan ada dalam kondisi tidak musim ikan, sehingga masih ada kegiatan yang bisa dilakukan di pelabuhan, seperti pemancingan di kawasan dermaga yang belakangan mulai marak dilakukan oleh para pengunjung yang tidak hanya berasal dari kawasan Desa Tambakrejo, namun juga berasal dari luar kecamatan Sumbermanjing Wetan. Selain itu, keberadaan kawasan ini juga dapat membuka potensi UPT PPP Pondokdadap untuk mengoptimalisasi pelayanan alat – alat selam dasar kepada pengguna jasa yang tertarik untuk melihat kondisi bawah air kolam dermaga secara langsung.

Respond For " Taman Laut, Salah Satu Upaya UPT PPP Pondokdadap untuk Memulihkan Sumberdaya Ikan di Selat Sempu "