Kunjungan Stasiun PSDKP Cilacap untuk Membahas Pemberantasan IUU Fishing

Rabu (29/08), UPT P2SKP Pondokdadap menerima kunjungan kerja dari Kepala Seksi Penanganan Pelanggaran Stasiun PSDKP Cilacap beserta rombongannya. Adapun tujuan dari kunjungan ini adalah untuk melihat kondisi dan aktivitas yang ada di Pelabuhan Perikanan Pondokdadap, serta menijau kinerja Satwas PSDKP Malang yang ditempatkan di Pelabuhan Perikanan Pondokdadap. Kunjungan ini dimulai dengan diskusi dan perkenalan antar instansi di Gedung Kantor Utama UPT P2SKP Pondokdadap, dan dilanjutkan dengan diskusi mengenai isu terkini yang ada di kawasan pelabuhan perikanan, terutama pengawasan dan penindakan terhadap adanya kemungkinan IUU Fishing.

Dalam kesempatan ini rombongan Stasiun PSDKP Cilacap sempat berkeliling menuju kawasan Pelabuhan Perikanan Pondokdadap untuk melihat aktivitas bongkar muat kapal perikanan yang ada di dermaga Pelabuhan Perikanan Pondokdadap. Di kawasan tersebut, rombongan juga melakukan diskusi singkat dengan petugas POSKAMLADU yang saat itu ada di lapang untuk menginspeksi hasil bongkar muat kapal perikanan dan juga untuk memeriksa kelengkapan surat dan dokumen kapal perikanan yang melakukan kegiatan. Selain itu, rombongan juga melihat proses pelelangan hingga distribusi ikan kepada para pengusaha ikan yang terjadi di kawasan Tempat Pemasaran Ikan (TPI) Pelabuhan Perikanan Pondokdadap. Rombongan juga menyempatkan untuk melihat sarana dan prasarana pengawasan yang ada di Pelabuhan Perikanan Pondokdadap, terutama gedung POSKAMLADU, dimana nantinya gedung tersebut akan diisi oleh pengawas dan penegak hokum di bidang kelautan dan perikanan yang didalamnya juga mencakup personil Satwas PSDKP Malang.

Dengan adanya pertemuan ini diharapkan sinergi antar lembaga yang menangani masalah yang serupa dapat semakin baik dan kompak, khususnya dalam bidang pengawasan sumberdaya kelautan dan perikanan. (M Firdhan)

Respond For " Kunjungan Stasiun PSDKP Cilacap untuk Membahas Pemberantasan IUU Fishing "