Kunjungan Komandan Pangkalan Angkatan Laut Malang di UPT PPP Pondokdadap

Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan Peirkanan Pantai (UPT PPP) Pondokdadap menerima kunjungan dari Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Malang Kolonel Laut Ni Ketut Prabhawati beserta jajaran pada hari Kamis (18/03) silam. Didampingi oleh jajaran Pos TNI AL Sendang Biru,kKunjungan ini dilaksanakan dalam rangka untuk melakukan koordinasi antara pihak LANAL Malang dengan UPT PPP Pondokdadap sebagai perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur yang berada di Dusun Sendang Biru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan Malang.

Kunjungan ini dimulai dengan diskusi yang dilaksanakan di ruang rapat yellowfin di gedung utama UPT PPP Pondokdadap, dimana jajaran TNI AL dari LANAL Malang dan Pos AL Sendang Biru melaksanakan diskusi dengan Bapak Muh. Ichsan Budianto, S.Pi., MT. selaku Kepala UPT PPP Pondokdadap beserta jajaran eselon IV, syahbandar perikanan dan staf. Dalam diskusi ini, jajaran TNI AL LANAL Malang menyampaikan maksud kedatangan yakni untuk berkoordinasi terkait isu – isu terkini yang menyangkut keamanan dan ketertiban di PPP Pondokdadap. Kondisi keamanan dan ketertiban di lingkungan PPP Pondokdadap sendiri cenderung sudah dalam tahap kondusif, hal ini dapat terwujud berkat adanya kerjasama yang baik antara PPP Pondokdadap dengan Pos AL Sendang Biru serta Satuan Kepolisian Perairan Sendang Biru yang tergabung dalam Pos Keamanan Laut Terpadu (POSKAMLADU). Setiap harinya, Poskamladu terlihat bersinergi mengamankan kegiatan operasional yang ada di pelabuhan perikanan, terutama pada kegiatan bongkat muat yang sangat rawan terjadinya benturan dan kecelakaan kerja apabila tidak diawasi dan diatur dengan baik.

Setelah kegiatan diskusi dilaksanakan, Danlanal Malang beserta jajaran dan tim UPT PPP Pondokdadap melakukan studi lapang untuk mengetahui kondisi lapang UPT PPP Pondokdadap. Pada kegiatan studi lapang ini, Danlanal Malang beserta jajaran diajak untuk melihat lingkungan kantor pelayanan, yang pada saat itu tengah melangsungkan giat temu koordinasi tentang Cara Penanganan Ikan yang Baik (CPIB). Kunjungan kemudian dilanjutkan ke kawasan Kios Ikan Nelayan (KIN), dan dermaga perikanan. Kegiatan ini diakhiri dengan kunjungan pada struktur Karamba Jaring Apung (KJA) Ocean Farm ITS yang merupakan inovasi tim ITS yang didukung oleh PT Pertamina untuk mengembangkan sektor budidaya laut melalui penerapan teknologi terkini dan pemanfaatan ekowisata berbasis masyarakat.