Kunjungan Kepala Bidang Kelautan, Pesisir, dan Pengawasan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur

Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan Peirkanan Pantai (UPT PPP) Pondokdadap menerima kunjungan dari Kepala Bidang Kelautan Pesisir, dan Pengawasan (KPP) Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Timur. Kunjungan ini dilaksanakan selama satu hari, yakni pada Hari Rabu 3 Februari silam. Kunjungan ini dimaksudkan untuk  untuk meninjau keadaan dan kesiapan crew dan operasional kapal Hiu Paus 04, dimana speedboat Hiu Paus 04 sendiri merupakan salah satu armada speedboat pengawas milik Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur. Speedboat sepanjang 19 meter ini telah berada di Pelabuhan Perikanan pantai Pondokdadap semenjak tahun 2016, dimana pada tahun 2019 karena adanya perubahan tupoksi, operasional dan kegiatan pengawasan speedboat ini kini dikelola oleh DKP Provinsi Jawa Timur melalui Bidang KPP.

Kunjungan ini dimulai dengan diskusi yang dilaksanakan di ruang rapat gedung utama UPT PPP Pondokdadap, dimana Kabid KPP melaksanakan diskusi dengan Kepala Seksi beserta crew Hiu Paus 04. Dalam diskusi ini, disampaikan beberapa permasalahan operasional speedboat Hiu Paus 04 oleh crew kapal kepada Kabid KPP. Selain itu, diskusi ini juga dimaksudkan untuk melakukan koordinasi tentang kondisi lapang di wilayah penangkapan perikanan di sekitar UPT PPP Pondokdadap untuk mengetahui kondisi terkini, serta potensi pelanggaran yang mungkin terjadi pada saat – saat ini. Koordinasi ini ditujukan untuk mengambil langkah solutif di dalam mengurai permasalahan potensi pelanggaran perikanan di lingkungan UPT PPP Pondokdadap sesuai dengan tupoksinya masing – masing.

Setelah kegiatan diskuis dilaksanakan, Kabid KPP beserta tim UPT PPP Pondokdadap kemudian melakukan studi lapang untuk mengetahui perkembangan pembangunan di UPT PPP Pondokdadap. Pada kegiatan studi lapang ini, Kabid KPP diajak untuk melihat lingkungan kantor utama, gedung pelayanan terpadu, Kios Ikan Nelayan (KIN), dan dermaga perikanan. Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan kondisi kapal Hiu Paus 04 secara langsung diatas kapal oleh Kabid KPP beserta tim, petugas UPT PPP Pondokdadap dan crew kapal untuk melihat kondisi terkini dan menemukan permasalahan teknis yang harus segera ditindaklanjuti guna mendukung operasional kapal pengawas tersebut.