Inspeksi Pengendalian Mutu PPP Pondokdadap Bulan Maret: Ikan Tuna yang Didaratkan Berada dalam Kondisi yang Baik

Petugas Inspektur Pengendalian Mutu Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan Peirkanan Pantai (UPT PPP) Pondokdadap melaksanakan giat inspeksi pengendalian mutu terhadap hasil pendaratan ikan di kawasan perairan PPP Pondokdadap. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memantau kondisi ikan yang didaratkan berdasarkan standar yang telah ditentukan. Dalam kegiatan inspeksi ini, petugas menilai mutu ikan berdasarkan dari hasil uji organoleptik sensorik dan pengecekan suhu pusat ikan serta palka kapal pada saat akan melakukan pendaratan di dermaga PPP Pondokdadap.

Beberapa minggu belakangan ini, ikan tuna sirip kuning terlihat mulai didaratkan dalam jumlah besar di PPP Pondokdadap. Bahkan, pada Bulan Februari, ikan tuna sirip kuning merajai statistik produksi pendaratan ikan dengan angka volume sebesar 31,9 ton. Ikana tuna sirip kuning, seperti diketahui, merupakan ikan ekonomis penting yang memiliki wangsa pasar hingga ke pasar internasional. Namun untuk menembus pasar internasional, ikan tun yang didaratkan memerlukan adanya bukti jaminan mutu yang disertai dengan bukti penanganan dan pendaratan ikan yang jelas, sehingga konsumen dapat memercayai bahwa produk yang mereka konsumsi aman dan terbebas dari tindak Illegal, Unreported dan Unregulated (IUU) Fishing.

Kegiatan inspeksi mutu hasil pendaratan ikan ini dilaksanakan pada Hari Rabu (24/03) silam pada empat kapal perikanan yang hendak melaksanakan kegiatan pendaratan ikan. keempat kapal tersebut adalah Kapal KMN Anggritani 02, KMN Berkah Illahi 10, KMN Berkah Illahi 11, dan Sampoerna 07. Hasil inspeksi menunjukkan bahwa suhu pusat ikan menunjukkan angka rata – rata 0,2 derajat Celsius, yang menandakan suhu ikan masih ada dalam batas aman, yakni dibawah 4 derajat Celsius. Sementara hasil uji organoleptik yang berasal dari pengecekan mata, insang, keadaan daging dan lender menunjukkan bahwa ikan berada dalam grade B, atau ada dalam kondisi baik dan aman untuk dikonsumsi.