Berita K5: Pelaksanaan Pembersihan Saluran Drainase Pelabuhan Perikanan Pondokdadap

Pondokdadap (13/05) Dalam rangka tertib kegiatan K5 (Kebersihan, Keamanan, Ketertiban, Keindahan, dan Keselamatan Kerja), Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan Perikanan Pantai (UPT PPP) Pondokdadap melaksanakan kegiatan pembersihan saluran drainase di dalam kawasan Pelabuhan Perikanan. Dari pengamatan petugas kebersihan UPT PPP Pondokdadap, diketahui saluran drainase di kawasan Pelabuhan Perikanan Pondokdadap memiliki beberapa permasalahan, yakni adanya sumbatan berupa endapan lumpur dan sampah pada drainase terbuka, serta kurangnya pengecekan pada sistem drainase tertutup.

Titik fokus pembersihan saluran drainase ini ada pada saluran drainase di sekitar kawasan pertokoan yang memiliki tingkat endapan lumpur yang membuat saluran menjadi semakin dangkal, dan saluran drainase tertutup di sekitar kawasan TPI yang jarang diperiksa kebersihannya.


Meskipun dilaksanakan pada tengah hari di Bulan Ramadhan, para petugas kebersihan tetap dengan semangat mengangkat endapan lumpur beserta sampah yang ada pada saluran drainase terbuka disekitar kawasan pertokoan. Sementara pada drainase di kawasan TPI, petugas kebersihan mengangkat sumbatan berupa batu dan lumpur yang berpotensi menyumbat saluran tersebut. Selain itu, juga dilakukan penggantian tutup drainase yang pecah dengan tutup drainase yang baru di kawasan ini. Material hasil pembersihan tersebut kemudian diangkut menuju luar kawasan Pelabuhan Perikanan untuk ditimbun.

Kebersihan drainase merupakan salah satu aspek penting untuk mendukung K5 di kawasan Pelabuhan Perikanan. Karena drainase yang tersumbat dapat mengakibatkan beberapa dampak seperti melubernya air menuju jalan ketika hujan serta adanya genangan air yang dapat menimbulkan bau tidak sedap dan berpotensi menjadi sarang nyamuk. Untuk itu, perawatan drainase harus dilakukan secara berkala agar fungsi dari drainase tersebut di kawasan Pelabuhan Perikanan dapat berjalan dengan baik.

Respond For " Berita K5: Pelaksanaan Pembersihan Saluran Drainase Pelabuhan Perikanan Pondokdadap "